MGMP


DAFTAR NAMA PENGURUS DAN ANGGOTA

MGMP BAHASA INGGRIS SMK

KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2009

No Nama Peserta Asal Sekolah Keterangan
1 Yanna Supriatna, S.Pd SMKN 1 Pandeglang Ketua
2 Dede A. Fatahillah, S.Pd SMKN 1 Pandeglang Bendahara
3 Misandra Sarnata, S.Pd SMKN 1 Pandeglang Sekretaris
4 Nur Hidayati, S.Pd SMKN 6 Pandeglang Anggota
5 Ryskawati R, S.Pd SMK PGRI Pandeglang Anggota
6 Enung Mulyati, S.Pd SMKN 2 Pandeglang Anggota
7 Imas Karwati, S.Pd SMKN 7 Pandeglang Anggota
8 Dwi Yulia A.L, S.Pd SMK Nasrul Ulum Anggota
9 Ida Farida, S.Pd SMKN 8 Pandeglang Anggota
10 Isnaeni Al-Iman, S.Pd SMK YPP Anggota
11 Uum Umriah, S.Pd SMKN 3 Pandeglang Anggota
12 E. Rohana SMK DPB Cimanggu Anggota
13 Omasih SMKN 5 Pandeglang Anggota
14 Rodiah, S.Pd SMK IKPI Labuan Anggota
15 Tri Suryati, S.Pd SMKN 1 Pandeglang Anggota
16 Rt. Ikhda Hayati SMK Darma Nusantara Anggota
17 Habibudin SMK Walisongo Anggota
18 M. Solahudin, S.Pd SMKN 1 Pandeglang Anggota
19 Komarudin, S.Pd SMK Binekas Pandeglang Anggota
20 Eman A. Fathurrohman, S.Ag SMK BABUNNAJAH Anggota
  Jumlah seluruhnya 20 orang

 

BAB. I PENDAHULUAN

  1. RASIONAL

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Bab. II pasal 2 mengamanatkan bahwa :

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam  rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta  didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab “Selanjutnya di dalam pasal 5 UU No. 20 Tahun 2003 tersebut diamantkan juga bahwa “ Setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu “.Sementara itu, dalam bab yang sama, bagian keempat, pasal 11 ditegaskan bahwa : “ Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga Negara tanpa diskriminasi

Fungsi, tujuan, dan kewajiban pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu bagi bangsa Indonesia telah dilakukan oleh Pemerintah dari waktu ke waktu. Rendahnya mutu pendidikan, telah berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap rendahnya mutu dan daya saing sumber daya manusia Indonesia umumnya serta Propinsi Banten pada khususnya.Pada operasionalnya, peningkatan mutu pendidikan nasional diarahkan untuk memberikan penjamin mutu pendidikan mutu SMK baik negeri maupun swasta di  Kabupaten Pandeglang.Dengan demikian, pendidikan pada satuan pendidikan SMK “ harus “ dilaksanakan sesuai dengan Standar Nasional pendidikan (SNP) dan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang secara dinamis dengan memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan yang terwadahi dalam berbagai forum secara optimum.Dengan pelatihan berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Salah satu diantaranya adalah kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), karena diduga atensitas dan kebermaknaan forum-forum dimaksud masih kurang optimum. Dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) diharapkan dapat mendukung secara optimum peningkatan kemampuan professional guru dalam pembelajaran disekolah-sekolah terkait.

 Tujuan

  1. Mensosialisasikan hasil pembekalan diklat
  2. Menyusun silabus sebagai acuan penyusunan RPP
  3. Menyusun RPP sebagai landasan PBM kelas
  4. Menyusun bahan ajar (Modul)
  5. Membekalai peserta mengenai metode pembelajaran yang sesuai menarik dan menyenangkan bagi siswa
  6. Menguji RPP yang sudah disusun
  7. Mengobservasi perilaku siswa yang berhubungan dengan siswa lain, bahan ajar dan guru
  8. Mengevaluasi real teaching
  9. Menguji coba ulang RPP yang telah dievaluasi

10.  Mempublikasikan hasil Lesson Study

11.  Mempublikasikan hasil kegiatan MGMP 

  1. Sasaran

Sasaran Program MGMP adalah Guru-Guru Bahasa Inggris SMK yang ada di lingkungan Kabupaten Pandeglang.

  1. Hasil Yang Diharapkan
    1. Peserta MGMP aktif dan meningkat
    2. Kegiatan MGMP terselenggara secara berkala dan berkesinambungan
    3. Kinerja Guru mata pelajaran meningkat
    4. Kompetensi dan profesionalisme Guru  meningkat
    5. Penyebaran informasi actual secara merata

  BAB II

PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN

  1. Tempat dan Waktu Pelaksanaan :

1.  Kegiatan MGMP Tahap I

No Uraian Kegiatan Waktu Pelaksanaan Tempat
1 Persiapan 24 s/d 26 Juni 2009 SMKN 1 Pdg
2 Pelaksanaan    SMKN 1 Pdg
  a. Penyusunan silabus / RPP 22 Juli 2009 SMKN 1 Pdg
  b. Pengembangan Bahan ajar 29 Juli, 5 Agustus 2009 SMKN 1 Pdg
  c. Pengembangan metode

    pembelajaran

12 Agustus 2009 SMKN 1 Pdg
  d. Pengembangan Media

    pembelajaran

19  Agustus 2009 SMKN 1 Pdg
  e. Peer/Micro Teaching 26  Agustus 2009 SMKN 1 Pdg
  f. Real Teaching 2 September 2009 SMKN 1 Pdg
3 a. Laporan Tahap Awal 31 Agustus s/d 11 September 2009  

           2. Kegiatan MGMP Tahap II

No Uraian Kegiatan Waktu Pelaksanaan Tempat
1 Observasi Kelas 9 September 2009 SMKN 1 Pdg
2 Refleksi 16 September 2009 SMKN 1 Pdg
3 Revisi/ Re- Teaching 7 Oktober 2009 SMKN 1 Pdg
4 Open Lesson 14 Oktober 2009 SMKN 1 Pdg
5 Diseminasi/Seminar 21 Oktober SMKN 1 Pdg
6 Laporan Tahap Akhir 26 Nopember s/d 21 Desember 2009  

 

  1. Perkembangan Pelaksanaan Program dan Kegiatan :

1. Kegiatan MGMP Tahap I

No Program Rincian Kegiatan Prosentase yg dicapai (%)
A. Kurikulum/Silabus Workshop penysunan silabus dan RPP 100 %
B. Pengembangan Bahan Ajar Penyusunan bahan ajar 100 %
C. Pengembangan Metode Pembelajaran Workshop pengembangan metode pembelajaran 100 %
D. Pengembangan Media Pembelajaran Workshop pengembangan media pembelajaran 100 %
E. Implementasi Lesson Study a. Peer/Micro

    Teaching

b. Real Teaching

100 %

100 %

 1. Kegiatan MGMP Tahap II

No Program Rincian Kegiatan Prosentase yg dicapai (%)
1 Observasi Kelas Observasi kelas Yang dilakukan para peserta ketika Proses KBM pada kegiatan Real Teaching 100 %
2 Refleksi Trouble shooting : mendiskusikan untuk mencari pemecahan masalah yang muncul dari hasil observasi kelas 100 %
3 Revisi/ Re- Teaching Setelah di peroleh solusi dan kata sepakat di tindak lanjuti dengan merevisi dan Re- teaching 100 %
4 Open Lesson Merupakan kegiatan Puncak dari Kegiatan MGMP yaitu Real teaching yang di observasi tidak dari peserta MGMP saja tetapi juga dari berbagai unsur pendidikan 100 %
5 Diseminasi/Seminar Kegiatan Penutup berupa presentasi/seminar yang berisikan laporan  Kegiatan MGMP 100 %

One Response

  1. I’m happy to find this post..can you share your monthly or weekly program of your MGMP?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: